Yogyakarta marak kejahatan pemecahan kaca mobil


Punya pengalaman menjadi korban pemecahan kaca mobil tentu bukan hal yang mengenakkan tetapi setidaknya dari sini saya bisa belajar agar lebih waspada dalam memarkir mobil. Intinya adakah jangan meninggalkan barang berharga didalam mobil yang mencolok, seperti menaruh tas di jok depan kiri atau kanan.  Jika hendak meninggalkan tas, lebih baik ditaruh di bawah jok mobil yang tidak terlihat oleh orang ketika mereka melongok melalui kaca.  Meski kaca mobil sudah dilapisi anti UV yang gelap, tetapi masih ada kemungkinan maling menengok nengok mencari sasaran.  Maling akan ber reaksi cepat seketika melihat kita turun dari mobil, sebab kecil kemungkinan kita akan kembali ke mobil dalam waktu sekian menit, kecuali kita akan mengambil barang di mobil yg tertinggal.  Biasanya mereka juga akan nongkrong melakukan pengamatan terhadap situasi yang sepi, jalan yang leluasa untuk kabur, dan siapa saja yang berada disana.

Seperti yang saya alami baru saja sekitar jam 17.00 dalam kondisi hujan gerimis, saya dan isteri bermaksud mengantar Parcel ke sahabat kami dirumahnya. Tidak disangka setelah kami duduk di ruang tamu ternyata kaca mobil kiri depan dipecah dan tas isteri saya beserta handphone dan BB terangkut semua.  Niat kami hanya mampir sebentar, oleh karena itu tas sengaja ditinggal didalam mobil. Cukup repot sih, tetapi harus kami alami dan biarlah menjadi catatan bagi pembaca agar lebih berhati hati.

Catatan :

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah:

Melapor k epos polisi terdekat, agar dibuatkan surat laporan kehilangan sebagai dasar mengurus surat surat penting lainnya.

Blokir semua Kartu Kredit, adalah penting untuk mempunyai foto kopi/catatn nomor kartu semua kartu kredit yang Anda miliki agar jika terjadi kehilangan akan mudah mengurusnya. Kartu kredit menjadi lebih aman jika dilengkapi dengan PIN, jangan lupa segera mengaktifkan PIN kartu kredit Anda.

Blokir semua Kartu ATM, pemblokiran bisa dilakukan 24 jam melalui telepon, harus bersabar kadang kadang operatornya juga ngantri masuknya.

Minta ganti ke Operator Kartu telepon untuk memperoleh kartu pengganti dengan nomor yang sama. Selalu registrasikan nomor prabayar Anda dengan data yang benar sehingga mempermudah pengurusannya.

Pergi ke Polresta atau ke gerai gerai perpanjangan SIM untuk mengganti SIM yang hilang, bawa KTP dan surat kehilangan dari Polisi sebagai dasar pembuatan SIM yang baru. Dan bawa uang juga tentunya.

Telepon asuransi mobil atau bengkel yang biasa mengganti kaca mobil.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Saat ini di Jogjakarta sudah marak kejahatan pemecahan kaca mobil, masyarakat harap mewaspadainya.

Terimakasih untuk POLSEK Depok Barat Jogjakarta untuk pelayanannya yang memuaskan. Sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s