Travelling ke luar negeri jangan lupa bawa ini


Ini sebuah catatan tidak lengkap mengenai apa yang sempat saya bawa saat ebrjalan jalan ke luar negeri, setidaknya untuk mengingatkan pembaca tenang hal hal kecil yang terlewatkan.

Dompet, persiapkanlah minimal 2 buah dompet yang berisi uang yang akan dipakai sebagai uang untuk makan dan keperluan membeli tiket, memberi tips. Satu lagi dompet yang berisi uang cadangan untuk disimpan di tas tangan atau sling bag kita. Tujuannya agar selain lebih praktis juga lebih aman, dompet yang kita bawa siapkanlah di saku. Pakailah dompet yang tipis tetapi bisa memuat uang secara utuh tanpa terlipat agar uang tetap rapi dan tidak makan tempat di tas.

Kamera saku, jika Anda gemar memotret maka kamera saku harus dibawa. Selain kamera saku maka battery cadangan juga harus dibawa, karena ada kalanya saat moment bagus justru battery sedang low, terutama jika sering memakai lampu kilat ditambah suhu yang dingin. Suhu dingin membuat battery lebih boros. Jangan lupa membawa charger yang sesuai untuk battery kamera. Kartu memory juga harus dibawa dengan jumlah yang memadai, misalnya saja membawa 8 giga sebanyak 4 buah. Agar jika terjadi error selalu sudah siap gantinya.

Gadget dalam bentuk pad atau tab, jika Anda seorang yg suka online. Saya lebih suka membawa yang kecil sekaligus dilengkapi kamera karena akan mempermudah jika saya ingin mengupload foto dengan cepat. Banyak hotel yang menyediakan wifi gratis, sehingga ketika malam hari saya bisa mengupload foto dengan memakai jaringan wifi hotel.

T steker yang sesuai dengan negara yg kita kunjungi. Ada perbedaan antara Indonesia dengan negara seperti Taiwan, Singapura. Kebanyakan sih antara yang berkaki 3 dan berkaki 2, saya anjurkan membeli satu colokan universal yang memiliki beberapa umung yang bermacam macam. Lalu plus sebuah T-steker. Tujuannya agar kita bisa melakukan charge sekaligus terhadap gadget, kamera maupun tablet.

Power Bank, kini tersedia banyak macam power bank tersedia di pasaran. Belilah yang sedikit mahal namun dengan battery yang bagus, supaya tidak cepet rusak selnya dan awet nyimpen tenaga batterynya. Saya sendiri memakai merk Vivan, baik yang 14.000 mH maupun yang 5.600 mH.

Tas yang sesuai dengan isi yang akan kita bawa. Saat ke Eropa barat saya memakai tas cangklong untuk diisi : dompet berisi uang untuk cadangan serta kartu kredit, paspor, kamera saku, handphone, mini iPad, power bank, pouch berisi kartu memory dan battery cadangan kamera.

Ntar kalau inget saya lanjutkan di tulisan berikutnya.

Blognya Mas Har,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s