Kisah kepahlawanan “Lone Survivor”


Menyaksikan film yang berdasarkan kisah nyata selalu membuat saya begitu menjiwainya sehingga hanyut dalam emosi dan perasaan didalam film tersbut. Seperti  film Lone Survivor yang baru saja saya saksikan, film untuk remaja ini memuat sebuah makna yang mendalam, makna tentang kesetia kawanan, makna tentang mengasihi sesama, makna tentang bagaimana mentaati hukum, makna tentang berkorban bagi negara semuanya ada disini.

Film ini bercerita tentang pasukan SEALS Amerika yang ditugaskan menangkap seorang pejuang Taliban. Dalam perjalanan pengintaiannya ke empat tentara ini terjebak  dalam baku tembak dengan Taliban.  Baku tembak ini sebenarnya terpicu oleh adanya penggembala ternak yang memergoki ke empat serdadu tersebut tengah mengintai wilayah mereka. Mendadak karena kaget maka para tentara ini seketika menangkap mereka, Tercetus 3 skenario yang akan diterapkan untuk para penggembala ini. Pertama, mereka akan dilepas kembali ke komunitasnya kemudian para serdadu akan lari keatas bukit dan meminta bantuan. Tetapi konsekuensinya akan ditangkap Taliban kurang dari satu jam. Skenario kedua, para peternak akan di ikat di tengah hutan, akibatnya memang bisa fatal jika mereka dimangsa bitatang buas. Ketiga , adalah dengan membunuh mereka semua. Sempat terjadi diskusi antar tentara itu karena mereka hendak meminta keputusan dari Komandan di markas tetapi radio komunikasi mengalami gangguan. Akhirnya mereka memilih untuk melepasnya. Memang benar sesuai dengan perkiraan mereka, pasukan Taliban menghadang mereka dan baku tembak tak bisa dielakkan.

Dalam perjuangannya salah satu tentara bernama Marcus Luttrell berhasil hidup dan ditolong oleh orang Afghanistan yang baik hati dan dirawat luka lukanya. Sebelum pertolongan datang maka si Marcus diselamatkan nyawanya sebanyak dua kali, yaitu dari pemenggalan lehernya dan dari perkelahian mematikan satu lawan satu. Marcus berhutang budi pada anak Afganistan yang sudah menyelamatkan nyawanya, bahkan sempat mengajaknya ke markas dengan naik heli penjemput. Tetapi karena tidak memungkinkan maka perpisahan itu menjadi momen mengharukan antara seorang anak Afganistan dengan tentara SEALS Amerika.

Silakan ditonton, sangat memotivasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s