Demam berdarah, beberapa hal penting


Saya menuliskan ini karena punya pengalaman dalam mengelola anak saya yang terkena DB pada saat usia 10 tahun.  Yang perlu diperhatikan adalah:

  • Jika anak Anda panas memasuki hari ke tiga sedangkan tidak ada tanda tanda batuk dan sejenisnya. Lakukanlah pemeriksaan darah rutin di laboratorium. Perhatikanlah Hematokrit dan trombosit, apakah hematokrit mengalami peningkatan dan trombosit mengalami penurunan. Sambil tetap memberikan minum yang banyak.
  • Ulangi pemeriksaan pada hari ke empat dan perhatikan dua unsur diatas yaitu Hematokrit dan Trombosit. Besarnya Hematokrit normal adalah kurang lebih 3 kali Haemoglobin. Perhatikan jika keduanya mengalami perubahan nilai, segeralah bawa anak Anda ke rumah sakit.
  • Rasa mual kerap menjadi penanda DB karena biasanya hati/lever mengalami pembesaran sehingga menimbulkan rasa mual dan tidak berselera makan.
  • Anak menjadi apatis, apatis sebenarnya adalah awal gejala penurunan kesadaran. Perhatikan benar benar kondisi Anak Anda.
  • Setelah dirawat dirumah sakit, saat trombosit mengalami penurunan jumlah, biasanya tidak segera dilakukan tranfusi darah. Saya diberitahu oleh dokter bahwa tranfusi trombosit kadang-kadang menimbulkan anti trombosit didalam tubuh yang justru akan membuat masalah tersendiri. Tranfusi akan diberikan ketika terjadi pendarahan.
  • Untuk anak anak yang pernah terinfeksi Virus DB sebelumnya, maka Nilai IGg akan positip . Itu menandakan bahwa infeksi yang sekarang adalah infeksi kedua atau lebih.
  • Jenis Virus DB sendiri ada 4 macam, Den1 , Den 2, Den 3 dan Den 4. Seseorang akan menjadi immun untuk jenis virus yang pernahmenginfeksinya. Namun tidak untuk jenis virus yang lainnya.

Demikian sekelumit catatan saya mengenai Demam Berdarah, kiranya bermanfaat buat kita semua.

 

One thought on “Demam berdarah, beberapa hal penting

  1. Yahya Kurniawan

    Tahunya kena yg Den 1, Den 2, Den 3, atau Den 4 gimana Pak?

    Mungkin harus diidentifikasi oleh lab pak, mengenai jenis virusnya. Karena selama ini saya tahunya juga cuma virus DB saja, ternyata ada banyak. Katanya jika sudah kena yang jenis den1 maka hanya immun dengan yg jenis den1, tetapi tidak untuk yang lain.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s