Keliling Singapura naik MRT


MRT Singapore Tanggal 4 Januari lalu saya berkesempatan ke Singapura, ada beberapa hal yang ingin saya bagikan kepada para pembaca. Yang pertama adalah mengenai MRT atau kereta cepat yang menghubungkan seluruh bagian di Singapura. Oke saya langsung cerita tentang MRT yah …

MRT atau MassRapid Transit adalah kereta cepat yang bisa menghubungkan seluruh bagian Singapura. Jadi kita tidak perlu khawatir jika hendak bepergian kemana saja di Singapura.

Terdapat stasiun stasiun MRT di Singapura yang ditunjukkan dengan logo tertentu yang Khas.

Jam MRT mulai berjalan adalah jam 06.00 pagi sampai sekitar jam 24.00. Pada hari hari tertentu bisa lebih malam.

Terdapat peta yang jelas di setiap stasiun MRT yang mempermudah Anda untuk menuju ke daerah yang diinginkan.

Biaya tiket yang murah dan mudah dibeli. Di setiap stasiun terdapat anjungan dimana Anda bisa membeli tiket sendiri, tanpa ada petugas yang melayani. Ada monitor layar sentuh yang bergambar Peta MRT. Anda tinggal menyentuh daerah yang dituju lalu akan muncul harga per lembar tiketnya. Segera masukan uang ke lubang, bisa koin, kertas atau kombinasi keduanya. Maka tiket akan segera dicetak untuk Anda. Tunggu uang kembaliannya akan keluar kemudian.

Secara garis besar ada 4 jalur utama MRT: Jalur North-South ( NS , warna merah) berangkat dari Marina Bay sampai Jurong East melalui Woodlands.  Jalur East-West (EW, warna hijau ) berangkat dari Pasir Ris, Changi hingga BoonLay, Jalur North-East ( NE, warna ungu ) beroperasi dari stasiun Punggol Hingga HarbourFront. Jalur yang terbaru adalah jalur CC atau Circle Line Warna Kuning, jalur ini menghubungkan beberapa stasiun MRT ditengah kota dari Harbourfront sampai Marina Bay. Keempat jalur tersebut memiliki interkoneksi di stasiun stasiun tertentu : Stasiun Jurong East, Dhoby Gaut, City Hall, Raffles Place dan Outram Park.

Jika Anda sudah membeli tiket maka Anda harus melakukan tapping atu menempelkannya pada sensor di gate/pintu untuk masuk ke area pemberhentian kereta. Biasanya ada dua sisi pemberhentian kereta yaitu Platform A dan Platform B. Perhatikan jalur jalur yg akan dilalui oleh kereta. Apakah Anda harus naik melalui  sisi A ( platform A ) ataukah sisi B (Platform B), ini harus diperhatikan agar tidak keliru jalur.

Tunggulah disana sesuai dengan Platform yang Anda kehendaki. Tunggu kereta datang sampai pintu membuka sempurna. Pintu kereta dan pintu platform akan membuka berurutan, pintu kereta terlebih dahulu akan terbuka, kemudian menyusul pintu Platform.  Masuklah dengan tertib, berilah jalan penumpang yang akan turun melalui tengah pintu. Kita masuk melalui sisi kiri atau kanan pintu.  Jika Anda melihat lampu merah pada Platform sudah berkedip-kedip sebaiknya jangan naik, karena sesaat kemudian ( dalam hitungan detik ) pintu akan tertutup dan Anda bisa terjepit, ini berbahaya.

Setelah Anda masuk didalam MRT perhatikan  Running text yang akan menampilkan stasiun stasiun yang akan segera disinggahi. Selain itu melalui pengeras suara juga akan disampaikan stasiun mana yang akan disinggahi. Perhatikan lampu hijau diatas pintu MRT, bilamana lampu di sisi kiri menyala maka pintu itulah yang akan terbuka. Jika lampu hijau sisi kanan menyala maka pintu sebelah kanan akan terbuka. Kereta ini sangat cepat maka Anda harus waspada untuk jalur jalur jarak pendek, supaya tidak salah turun stasiun.

CONTOH:

Saya berada di Stasiun Orchard ( NS 22 ) hendak pergi berbelanja ke Bugis Market ( EW 12 ). Maka ketika membeli tiket Anda harus menekan EW 12. Setelah memperoleh tiket maka jalur jalur yang dilewati adalah sebagai berikut : NS 22 orchard lalu NS 23 Somerset lalu NS 24 Dhoby ghaut lalu NS 25 City Hall DISINI ANDA HARUS TURUN karena akan melanjutkan dengan jalur EW ( hijau ) menuju Bugis, lanjut sampai EW 13 Stasiun Bugis. Selesai.

Semoga tulisan singkat saya ini bermanfaat buat pembaca yang baru pertama kali ke Singapura.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s