Sejenak mampir ke candi Prambanan


Ratu BokoJumat kemarin bertepatan dengan Idul Adha 1433 H, saya berencana ke Solo. Berangkat dengan keluarga menikmati lengangnya jalanan Jogja kearah timur. Sesampai dekat Candi Prambanan, istri saya mengajak mampir, karena sudah lama sekali nggak melihat komplek candi itu. Jadilah kami mampir kesana. Saat itu waktu menunjukan pukul 09.00, udara Jogja sangat terik, suhu mencapai 31 derajat.

Memasuki komplek Candi Prambanan saya tertarik untuk mengikuti program tiket Prambanan Ratu Boko, merupakan tiket terusan dimana pengunjung dapat mengunjungi sekaligus dua komplek candi dengan satu harga yaitu Rp. 45.000,-.

Menurut saya kebersihan candi Prambanan lebih tertata baik dibandingkan candi Borobudur, yang jelas hanya sedikit pedagang asongan yang saya temui saat memasuki dan keluar komplek.

Jika Anda mengambil paket tiket terusan, maka akan diantar terlebih dahulu dengan mobil van bersama pengunjung lainnya ke komplek Candi ratu Boko. Beberapa kilometer dari Candi Prambanan. Komplek Ratu Boko terletak di ketinggian 196 meter diatas permukaan laut. Disini saya bisa melihat komplek candi Prambanan dengan latar belakang Gunung Merapi. Andai saja datang lebih pagi pasti pemandangan nya lebih bagus karena ada kabut kabut ber lapis lapis ketika melihat Prambanan dan Merapi dalam satu frame.  Disini saya mendapat free 1 botol air mineral keciiil heheh lumayan buat membasahi kerongkongan.

Usai dari ratu Boko, mobil menjemput kembali untuk diantar ke komplek Candi Prambanan. Candi Syiwa baru saja bisa dimasuki oleh pengunjung setelah sekian lama ditutup karena membahayakan. Semenjak guncangan gempa menggoyang Jogja 2006 silam. Candi Syiwa boleh dimasuki hanya oleh maksimal 50 orang saja, itupun harus memakai helm proyek untuk melindungi kepala dari reruntuhan batu Candi. Yaa berhati hati sajalah ketika disana.

Itu sekilas mencicipi suasana Candi Prambanan dan ratu Boko, kamipun melanjutkan perjalanan ke Solo. Sampai jumpa…

ratu Boko

Nampang sejenak

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s