Merapi meletus? Hujan abu di Magelang


Minggu 15 Juli 2012 malam jam 18.02 merapi seperti mengepulkan sesuatu yang membuat hujan abu di Magelang. Saya mencoba mencari berita melalui jalur radio komunikasi relawan merapi. Ternyata memang benar terjadi hujan abu di daerah Magelang namun bukan berasal dari letusan. Hanya semacam longsoran saja di Merapi yang membuat abu menyebar. Berikut kutipan Subandrio seperti dikatakan kepada Kompas(dot)com

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian Yogyakarta, Subandrio mengemukakan, hujan abu ini terjadi karena di Gunung Merapi terjadi pelepasan tekanan gas disertai abu vulkanik. Tekanan gas yang terjadi secara spontan dan mendadak ini mengarah ke sisi barat Merapi, sehingga dirasakan sebagai hujan abu di wilayah Kabupaten Magelang dan sebagian Kabupaten Boyolali.

Subandrio menjelaskan bahwa hal itu merupakan gejala yang tidak biasa dari Gunung Merapi. Kendatipun demikian, mengacu pada rekaman data sebelumnya hingga sekarang, dapat disimpulkanbahwa Gunung Merapi tidak mengalami peningkatan status dan masih berstatus aktif normal.

Jadi tidak perlu panik, karena bukan letusan Merapi yang sangat membahayakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s