Apa sih untungnya CD bajakan?


Apakah Anda termasuk pemakai produk produk bajakan audio? Misalnya saja CD, VCD atau DVD bajakan? Paling tidak pernah membelinya? He he he sayapun termasuk dulu yang suka dengan produk produk bajakan. Namun tahukah Anda betapa buruknya kualitas produk tersebut. Selain Kualitas audio yang buruk, juga kualitas media ( keping CD, VCD,DVD) yang murahan. Mereka produsen hanya mengutamakan keuntungan yang besar tanpa mengutamakan kualitas. Ada lagi jenis bajakan yang lain yang banyak dijumpai di Internet yang menjual produk produk audio dari CD original. Untuk jenis kedua ini nampaknya lebih bagus dari sisi audionya maupun dari kualitas medianya. CD nya menggunakan merk Branded misalnya Maxell atau Verbatim, sedangkan original nya di copy dari CD audiophile yang direkam dengan DSD ( original Cd yang direkam dengan DSD biasa berharga diatas 100.000 rupiah per keping ), tentu hasilnya akan lebih bagus. Kualitas rekaman tetap tebal dan tidak cempreng seperti CD kebanyakan.  Meski jenis ini per keping dijual mulai dari Rp. 8000 sampai Rp. 10.000 namanya juga tetap bajakan karena tidak membayar Royalti pada penyanyi maupun pencipta lagu. Kondisi ini belakangan khususnya untuk lagu Indonesia diantisipasi dengan jalan meluncurkan lagu dalam bentuk Ring Back Tone, cara ini dipercaya dapat mencegah pembajakan karena untuk setiap lagu yang di”RBT” kan maka penyanyi dan pencipta lagu pasti akan mendapat bagiannya. Perhitungannya pun lebih jelas dan sistemnya juga sudah digitalized. Bagi saya pribadi memakai produk Asli mempunyai implikasi:

  • Belajar menghargai karya orang. Bagaimana kita bisa dihargai jika tidak memulainya dari hal hal sederhana seperti ini.
  • Ikut mensuport ditegakannya hukum di Indonesia.
  • Kualitas audio maupun kualitas CD pasti lebih baik yang asli. Kecuali kita tidak mengutamakan mutu sama sekali alias “Asbun” ( asal bunyi )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s