Surat penawaran yang dahsyat


Pernahkah anda menulis atau membaca surat penawaran dengan kalimat awal seperti ini :
Melalui surat ini kami dari Kursus Bahasa Mandarin menawarkan kursus Bahasa Mandarin untuk Anda.  Adapun metode yang kami miliki sudah pernah dipakai oleh berbagai instansi dst…
Barangkali saja pernah dan berapa tingkat keberhasilan dari surat penawaran model yang demikian ?  Mengapa surat penawaran itu tingkat keberhasilannya rendah ? Yaa karena kalimat yang dipakai adalah berorientasi pada diri Anda, pada perusahaan Anda bukan pada kebutuhan customer yang Anda beri penawaran itu.  Bagaimana dengan awal yang seperti ini :
Apakah Anda merasa sulit belajar bahasa mandarin ?
Metode kami hanya perlu waktu 18 jam, sudah mahir
Ratusan orang telah membuktikan manfaatnya dengan memakai metode kami ?
Kini giliran Anda menerima manfaatnya
Hanya dengan Rp. XXXX ,-
Kalimat diatas berorientasi kepada Anda sebagai pemakai jasa/produk. Sehingga lebih mengena dampaknya.
Secara garis besar sebuah surat penawaran yang baik harus mempunyai kerangka sebagai berikut
• Masalah, mengungkapkan atau mengidentifikasi masalah yang dihadapi konsumen. Contoh : kesulitan berbahasa Mandarin
• Solusi, memberikan solusi atau jalan keluar.  Contoh : mengikuti pelajaran Bahasa Mandarin hanya memerlukan 18 jam saja.
• Bukti, menyertakan bukti bahkan testimoni atau kesaksian para pemakai produk/jasa.  Contoh : ratusan orang sudah membuktikan metode tersebut.
• Harga, harga biasanya dicantumkan terakhir. Ada tips bahwa jika harga dianggap tinggi maka testimoni harap ditulis lebih terinci agar lebih meyakinkan.
Tentu ini bisa dikembangkan bukan hanya untuk surat penawaran produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan Anda, namun juga untuk membuat surat lamaran kerja.  Namun tentu dengan perubahan perubahan seperlunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s