[ Tips memotret ] BNI diwaktu senja


Bank BNI 46

BNI diwaktu senja



Sekali kali sharing tentang teknik memotret kayaknya boleh juga. Gedung Bank BNI 1946 ini kerapkali dipakai untuk obyek latihan memotret mereka mereka yang masih pemula, termasuk saya. Untuk menghasilkan gambar seperti yang saya tampilkan tersebut tentunya memerlukan trik trik tertentu. Pemotretan diwaktu senja yang akan mengekspose obyek foto bermandikan cahaya lampu serta lintasan lintasan cahaya dari kendaraan bermotor yang menyorotkan lampunya pada dasarnya menggunakan kecepatan “lambat”. Okelah saya mulai dari alat-alat yang diperlukan dahulu :

• Kamera SLR plus lensa
• Tripod

Seting pada kamera sebagai berikut :
• Pakai bukaan diafragma kecil/terkecil f/22 atau lebih. Tujuannya : karena kita hendak merekam lintasan2 cahaya tentu akan memakai speed lambat, bukaan kecil akan mengatur masuknya cahaya ke lensa agar tidak terlalu banyak.
• ISO pada 400
• Gunakanlah kecepatan BULB ( bisa dicoba sekitar 3 sampai 6 detik )
Usahakan waktu pemotretan dilakukan pada saat peralihan antara senja dengan malam hari, dimana langit masih nampak warna birunya, jadi bukan ketika langit sudah pekat hitam sekali. Tujuannya agar memberi nuansa lebih hidup pada obyek/gedung.
Mudah bukan, silakan bereksperimen !

One thought on “[ Tips memotret ] BNI diwaktu senja

  1. didi

    mas, keren bener fotonya. hehe..
    slam kenal . saya didi dri samrinda kbetulan lagi di jogja. pelatihan multimedia di MMTC bagian penyiaran TV. orang awam bro ^_^. dlu juga kuliah Amikom taun 2006 lulus.

    ada temen yg bisa buat kartun gak ? boleh tuh kenalan sama saya. trus klo ada juga temen yg ahli buat opening wedding. sya cuma 10 hari di jogja. sangat ingin ketemu sama orang yg bisa 2 bidang tersebut. berbagi job ^_^

    klo ada info kan ke saya bisa lewat email / by phone sms ke 0813 46 38 0707

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s