[ tips ] Jangan tertipu di Internet !


Dengan berkembangnya dunia internet maka hampir setiap orang bisa belajar dan mengakses dunia maya tersebut. Sebagai sebuah “dunia”, sebenarnya internet hampir sama dengan dunia nyata. Perbedaannya terletak pada penggunaan alat baik itu berupa komputer, handphone, gadget sejenisnya yang mendukung akses ke Internet. Sebagai sebuah dunia tersendiri tentu penuh dengan trik trik dari manusia manusia pemakainya. Belakangan ini dengan semakin mudahnya setiap pengguna internet terhubung maka akan semakin mudah pula informasi itu tersebar. Saya khususnya menyoroti tentang dampak negatifnya, maksudnya agar kita tidak mudah terkelabui oleh pemakai internet yang tak bertanggung jawab.

Jangan percaya 100% pada setiap pemakai internet yang terhubung dengan kita baik itu melalui situs jejaring sosial, messenger, blog, web, email. Kecuali kita sudah mengenal sebelumnya, itupun kita mesti melakukan cross check benarkah yang connect di internet itu adalah orang yang sesungguhnya kita kenal. Atau hanya sebuah account palsu saja yang mengatasnamakan orang yang “asli”

Ingat bahwa di internet tidak ada KTP seperti kondisi asli dunia nyata. Sedangkan di dunia nyata saja kita sering melihat orang memakai identitas palsu alias KTP ganda. Maka didunia internetpun semakin mudah kita menggunakan identitas palsu. Karena situs situs jejaring sosial kadang hanya mensyaratkan alamat email. Artinya untuk membuat identitas barum seseorang cukup mebuat email baru ( yang fungsinya mirip mirip KTP ). Padahal kita tahu bahwa membuat email itu luar biasa mudahnya dan barangkali ada ratusan atau ribuan alamat email tercipta dalam setiap jam nya.

Tidak mudah tergiur dengan penawaran penawaran baik itu yang berupa kiriman email, melalui website internet marketing, iklan iklan di internet. Kajilah terlebih dahulu, bila perlu lakukan cross check dengan orang yang sudah pernah memakai jasa atau membeli barang dari si penawar. Testimoni di dunia internet bisa saja dipalsukan, testimoni yang dibuat sendiri tanpa identitas yang jelas dan hanya mencantumkan foto dan nama serta nama kota bukanlah sebuah testimoni yang baik. Sekalipun mereka juga menggunakan public figure. Berhati hatilah dengan upaya upaya penipuan dengan cara ini. Saya sendiri ketika baru pertama menggunakan email sudah mendapatkan email spam yang isinya meminta saya mengirimkan identitas, bahkan sampai nomer Passport segala. Katanya saya mendapatkan lotere ( lottery ) dari yahoo. Untung saya melakukan cross check. Penampilan visualnya sangat meyakinkan dengan mengirimi saya hasil scan traveler check senilai puluhan ribu dollar Amerika ( hmm..bila beneran lumayan ).

Khususnya lagi melalui situs jejaring facebook, saya selalu ingatkan bahwa situs jejaring ini paling gampang untuk menipu karena : ada fotonya, mudah sekali melakukan penambahan teman, feature teman bersama, bisa chatting, messaging. Terutama saya soroti adalah fitur teman bersama. Ada kebiasaan bahwa kalau kita menerima permintaan pertemanan kadang melihat siapa teman bersamanya. Ini kadang menjebak, khusunya para penipu menggunakan modus ini dengan membuat account pasiv yang hanya bertujuan mengamati saja segala perilaku kita tanpa melakukan comment atau komunikasi lainnya. Kemudian mereka akan membuat sebuah account lagi yang akan meng add semua teman kita, teman teman lama kita pasti juga akan melihat siapa teman bersamanya. Kadang kita seolah bermain dengan persepsi, “ Ooh rupanya teman pak “X” yang meng add saya, sudahlah saya terima saja”. Namun ide ini bukan mengajak Anda para pembaca bersikap paranoid atau kecurigaan berlebihan. Maka setting privacy pada Facebook harus benar benar kita pahami agar ada pencegahan. Saya pernah merasa heran dengan seseorang yang add saya padahal tidak ada teman bersama dan privacy saya setting agar search engine tak bisa menemukan saya. Padahal dia seorang yang baru saja membuat account Facebook dan secara “fisik” saya tak pernah mengenalnya….

Demikian sedikit share dari saya, mudah mudahan berguna bagi pembaca.

One thought on “[ tips ] Jangan tertipu di Internet !

Tinggalkan Balasan

