[ tips ] Heboh skimmer ATM


Mesin Skimmer

Hari hari ini masyarakat Indonesia yang tengah disibukkan dengan “tontonan Pansus Century” dikejutkan dengan adanya pembobolan ATM beberapa Bank terkenal, jumlahnya konon total mencapai ratusan juta rupiah. Kasus ini terkuak ketika mulai banyak korban berjatuhan. Sejenak masyarakat pun bingung, mereka yang berpikiran kolot lalu segera mengambil uangnya dan menaruhnya dibawah bantal. Mereka yang agak modern lalu mengambil uangnya dan memindahkan ke Bank lain-tak sadar bahwa di Bank lainpun punya potensi yang sama untuk dijebol oleh sindikat tersebut.
Ternyata usut punya usut alatnya adalah skimmer yaitu alat pembaca data kartu ( tidak hanya kartu debet tetapi juga kartu kredit ) dan mini kamera atau keypad palsu yang dipakai oleh komplotan untuk mengeruk dana kita. Kamera mini bertujuan untuk mengetahyui nomor PIN kita ( oleh karena itu bank BCA memasang penutup pada atas keypadnya, tujuannya agar tidak terjadi pengintaian baik oleh orang secara langsung atau oleh kamera pengintai yang ditempatkan pencuri disekitar keypad. Kamera pengintai ini besarnya hanya seujung beras sehingga kita tentu tidak akan mengetahuinya, cara meletakkannya pun sangat lihai. Ada kamera yang diletakkan disamping tempat brosur, sangat tidak kentara oleh mata awam. Kamera yang canggih dapat langsung memancarkan sinyal yang akan diterima oleh receiver si pencuri yg berada disekitar ATM lengkap dengan alat penerima nya. Setelah di baca datanya, maka pencuri tinggal membuat kartu palsu ( kartu plastik blank juga banyak beredar ) dengan mengkopikan data yg diperolehnya dari kartu asli. Ditambah dengan PIN yang sudah didapatkan maka mereka sudah siap beraksi mengambil dana Anda.
Beberapa Tips:

  • Jangan berikan PIN pada siapapun dan dengan alasan apapun
  • Kenali mesin ATM yang digunakan dengan baik.
  • Bila memungkinkan gunakan ATM di lokasi yang sama sesering mungkin sehingga Anda cukup mengenal perubahan perubahan yang terjadi pada ATM
  • Perhatikan bila ada hal aneh pada mesin ATM seperti goresan, bercak, selotip, bekas lem dan hal-hal mencurigakan lainnya.
  • Jika menemukan perubahan atau keganjilan pada ATM, laporkan pada pihak Bank dan tunda/jangan lakukan transaksi.
  • Upayakan untuk mengakses ATM yang ada di dalam bank atau di lokasi yang ramai dan terang untuk meminimalisir risiko.
    • Untuk penggunaan kartu di luar ATM (pada tempat belanja atau restoran) selalu perhatikan apa yang dilakukan petugas pada kartu dan tanyakan jika ada perilaku yang aneh.
    • Jika digunakan saat berbelanja, kartu harusnya hanya digesekkan pada mesin resmi dan mesin kasir, tanyakan pada petugas bila menggesekkan kartu ke alat lain (terutama jika alat itu ada di tempat tersembunyi seperti di balik meja).
    • Selalu menyimpan bukti transaksi, agar dapat dicocokan dengan print out di buku tabungan.

    One thought on “[ tips ] Heboh skimmer ATM

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s