A r i s a n


Arisan adalah sekelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu. Setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompok akan keluar sebagai pemenang. Penentuan pemenang biasanya dilakukan dengan jalan pengundian, namun ada juga kelompok arisan yang menentukan pemenang dengan perjanjian terlebih dahulu.

Di Indonesia, dalam budaya arisan, setiap kali salah satu anggota memenangkan uang pada pengundian, pemenang tersebut memiliki kewajiban untuk menggelar pertemuan pada periode berikutnya arisan akan diadakan.

Arisan beroperasi di luar ekonomi formal sebagai sistem lain untuk menyimpan uang, namun kegiatan ini juga dimaksudkan untuk kegiatan pertemuan yang memiliki unsur “paksa” karena anggota diharuskan membayar dan datang setiap kali undian akan dilaksanakan.

Jumlah nominal yang dilibatkanpun sangat beragam mulai dari seribu rupiah sampai puluhan juta rupiah. Mulai dari arisan panci sampai property. Belakangan dikota kota besar arisan sudah berkembang menjadi semacam lembaga keuangan non bank yang mempunyai tingkat bunga pinjaman yang lebih rendah daripada bunga pinjaman. Meski dalam posisi informal namun para peserta arisan property atau mobil biasanya akan “diselidiki” oleh panitia apakah mempunyai reputasi keuangan yang buruk atau tidak. Karena arisan jenis semi finance ini juga akan mensyaratkan adanya jaminan berupa BPKB atau Sertifikat tanah sebagai penguat saja.
Di Indonesia arisan ini mempunyai manfaat :
– Sebagai sarana bertemu, menjalin tali silaturrahim sehingga ikatan kekeluargaan semakin erat.
– Sebagai lembaga pembiayaan ‘non bank”, ini berlaku untuk arisan yang menerapkan sistem pelelangan bagi yang memerlukan dana lebih dahulu. Yaitu bagi yang memerlukan akan mengambil dana maka baginya akan berani membayar lebih dibandingkan yang lain.
– Memupuk rasa kebersamaan.
– Mengurangi rentenir/lintah darat/bank gelap.
– Jika diadakan didalam perusahaan akan mengurangi hutang karyawan kepada perusahaan. Biasa diberlakukan simpan pinjam.
Sudahkah Anda mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s