Testimoni


Web sebagai sarana menghasilkan uang atau sebagai salsesman bagi perusahaan keberadaannya mulai diperhitungkan oleh para pengusaha.  Selain bisa diakses dari seluruh dunia tanpa mengenal waktu alias 24 jam, juga biaya pemeliharaan dan pengadaannya pun relatif murah dibandingkan harus memelihara Salesman/girl yang banyak.  Namun sebagai salesman yang baik, sebuah web harus cukup memberikan informasi bagi calon calon konsumen yang datang kepadanya.  Oleh karena itu sebuah web bukan hanya cantik secara tampilan namun juga memakai kalimat kalimat yang sangat persuasif sehingga tanpa bertele tele tetapi langsung membuka bawah sadar calon konsumen sehingga langsung melakukan transaksi dengan perusahaan atau take action saat itu juga, meski hanya membaca sales copy yang ditulis pada web tersebut.  Pentingnya menerapkan sales copy yang bisa menghipnosis pembaca akan sangat mempengaruhi banyak sedikitnya transaksi yang terjadi melalui web tersebut.  Salah satu hal terpenting dalam sebuah sales copy adalah testimoni.  Testimoni adalah pernyataan pihak ke tiga akan jasa atau barang yang sudah dipakai oleh pihak ketiga tersebut.  Tentunya kesaksian tersebut adalah tentang manfaat apa yang diperoleh pihak ketiga ketika mengkonsumsi/membeli produk dari perusahaan tersebut.  Sebuah testimoni diperlukan guna meyakinkan calon konsumen akan sebuah produk/jasa yang dijual.  Sangat hebat lagi bilamana testimoni yang diberikan itu berasal dari publik figure, orang terkenal atau orang yang punya basis masa yang kuat.  Maka testimoni tersebut akan semakin mempunyai nilai yang tinggi dan dipercaya.   Contoh ekstrim adalah testimoni dari presiden akan lebih dipercaya dibandingkan testimoni masyarakat awam.  Testimoni dari pakar atau orang yang berkompeten juga lebih dipercaya dibandingkan testimoni orang kaya tetapi tidak mengerti dan paham bidang tersebut.
Dalam bisnis yang real ( bukan di internet ) testimoni pun tetap diperlukan.  Rekan saya seorang fotografer yang mempunyai foto studio kecil yang bergerak dibidang dokumentasi dan foto studio sempat bertanya pada saya tentang bagaimana meningkatkan penjualan studionya karena dia sudah membuat contoh contoh foto dan sudah ia pasang di tokonya.  Saya pun mencoba mengusulkan testimoni pihak ketiga.  Pihak ketiga adalah konsumen yang sudah pernah memakai jasa foto darinya.  Beberapa hal penting yang saya sampaikan adalah seperti  :

  • Membuat testimoni dari konsumen yang puas setelah memakai jasa Anda, nantinya testimoni itu akan dipasang disamping contoh cetakan foto dari yang bersangkutan.  Kemudian sebagai rasa terima kasih berikanlah kepada konsumen kenang2an berupa pigura atau cetakan foto ukuran besar agar nantinya foto itu juga dipasang diruang tamu konsumen tersebut.
  • Buatlah testimoni yang sudah Anda tuliskan terlebih dahulu.  Buatlah beberapa bentuk kalimat testimoni, misalnya lima macam kalimat.  Kemudian konsumen diminta memilih yang manakah kira kira yang sesuai dengan rasa puasnya.  Misalnya saja :  “ Saya sangat puas dengan pelayanan studio anda, pertahankan dan tingkatkan”.  Atau “  Pelayanan yang sangat ramah dengan hasil yang memuaskan, saya sangat puas.  Akan saya referensikan teman teman saya kemari”  Itu beberapa contoh kalimat kalimat yang kita buat sendiri.  Namun tidakmenutup kemungkinan konsumen akan membuat kalimat sendiri.
  • Pasang testimoni anda ditempat yang mudah dibaca konsumen, sehingga banyak konsumen akan membacanya.

Nah itu sedikit tips dari saya tentang pentingnya testimoni dalam berbisnis.  Mari kita belajar lagi dari dalam kehidupan ini.

2 thoughts on “Testimoni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s