Gaya hidup sehat mencegah kanker


shizen-nature1680x1050Selama Februari 2009, hasil dari gabungan Studi Amerika-Inggris  menyimpulkan bahwa 1 / 3 dari kasus kanker paling umum di AS yang dapat dicegah dengan membuat pilihan yang sehat. Berikut upaya yang harus dilakukan antara lain menghindari merokok, gaya hidup yang sehat adalah hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker. Dr Tim Byers dari Universitas Colorado di Denver, mengatakan bahwa meskipun memperkirakan kanker preventabilitasnya ( faktor pencegahan ) sangat kompleks dan melibatkan penentuan beberapa asumsi, angka-angka dalam laporan yang baik merupakan praduga tentang jumlah kasus yang dapat dicegah melalui diet sehat, aktivitas fisik secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat.

Pada Konferensi AICR (American Institute for Cancer Research) 2008, 400 orang hadir dan ikut berpartisipasi dalam topik topik pencegahan kanker seperti: potensi resiko dan manfaat suplemen diet khusus, mengubah cara makan dan aktivitas fisik dapat mempengaruhi daya tahan tubuh terhadap kanker dan cara cara efektif untuk mendapatkan orang-orang untuk menerapkan perilaku sehat dan melekatkan kepada mereka. AICR mendesak orang untuk makan makanan yang sehat yang meliputi berbagai jenis sayuran, buah-buahan, segala macam biji-bijian dan kacang-kacangan. Di sini, Anda juga akan mendapatkan gizi, serat dan Phytochemicals yang melawan kanker Manfaat pencegah kanker yang ditemukan di dalam sayuran seperti brokoli, kubis, dan bok Choy sudah kita kenal bersama. Sayuran Allium seperti bawang merah, bawang putih, shallots, scallions dan chives mengandung belerang yang disebut organosulfides berguna untuk kesehatan jantung, merangsang imunitas, mencegah infeksi, menonaktifkan unsur unsur karsinogen. Menurut penelitian, gabungan unsur unsur diatas tampaknya juga mencegah mutasu sel-sel dan pembentukan tumor. Secara umum, makanan dari keluarga Allium mengurangi radang dan melawan kanker perut dari kanker colorectal Robert S. Chapkin, Ph.D., penyaji dalam konferensi menjelaskan bagaimana asam lemak dapat mencegah tumor usus besar. Pada awalnya, asam lemak omega-3  pada ikan dihubungkan dengan memperkecil risiko penyakit jantung. Sekarang, penelitian di tingkat sel adalah awal mula yang membuka kemungkinan hubungannya dengan menurunkan resiko kanker. Sumber asam lemak omega-3 termasuk: ikan berminyak seperti salmon dan tuna, lenan benih / walnuts dan minyak yang berisi ASN-alpha-linolenic acid yang memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Dr Zeke Emanuel, seorang oncologist dan direktur bioethics di National Institutes of Health menekankan perlunya masyarakat untuk mempertahankan berat badan dalam range yang sehat. Selain makan makanan yang bergizi, orang harus menyisihkan waktu 30 menit untuk berolahraga mereka , minimal empat hari setiap minggu. Olah raga memainkan beberapa peranan dalam kesehatan manusia, memberikan manfaat bagi sistem peredaran darah, otot / kerangka sistem dan meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh guna menangkis awal pertumbuhan sel kanker dan penyusup asing seperti bakteri dan virus.

Beberapa hal yang disarankan untuk perbaikan kebijakan pemerintah, industri, media, sekolah, tempat kerja dan kemanusiaan adalah:

• Pemerintah harus membangun jalan-jalan dan jalur bersepeda.

•  Industri makanan dan minuman kesehatan masyarakat harus membuat sebuah “prioritas yang jelas”

• Sekolah harus mendukung aktivitas olah raga dan menyediakan makanan sehat.

• Sekolah-sekolah, tempat kerja harus melarang junk food

• Tenaga tenaga profesional kesehatan harus memberikan informasi lebih lanjut tentang hidup sehat dan pencegahan kanker.

• Orang harus menggunakan panduan nutrisi makanan dan label untuk membeli makanan yang lebih sehat bagi keluarga mereka.

Rekomendasi AICR untuk Pencegahan Kanker termasuk:

  • Jadilah langsing tanpa menjadi kurus atau jadilah kurus tetapi tetap sehat.
  • Lakukanlah olah raga selama minimal 30 menit setiap hari.
  • Hindari minuman manis. Membatasi konsumsi makanan padat energi (terutama makanan yang telah diproses dan di ditambahkan gula tinggi atau rendah serat, atau tinggi dalam lemak).
  • Makanlah lebih dari berbagai macam sayuran, buah-buahan, oats dan kacang kacangan
  • Batasi konsumsi daging merah (seperti daging sapi, babi dan domba) dan hindari daging olahan.
  • Batasi minuman beralkohol
  • Batasi konsumsi makanan yang asin dan makanan yang diproses dengan garam (sodium).
  • Jangan gunakan suplemen  sebagai proteksi pencegahan kanker.

Saran untuk masyarakat

  • Cara terbaik adalah untuk ibu-ibu untuk menyusui secara eksklusif sampai dengan 6 bulan dan kemudian baru melanjutkan dengan makanan dan susu ( non ASI ).
  • Setelah pengobatan, mantan penderita harus mengikuti rekomendasi untuk pencegahan kanker.

Juga selalu ingat, janganlah merokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s