HIPERAKTIF….?


Siang ini sepulang sekolah, Kevin anak saya mengatakan sesuatu hal yang mengejutkan saya.  ” Pi tas Spiderman ku ditonjok temenku We ** sampai berlubang ..!”.  Oh ya.? kata saya agak terkejut.  Saya berpikir hebat juga ya temen Kevin yang bernama We ** ini mampu menonjok tas kesayangan Kevin sampai berlubang.  Ternyata yang dimaksud berlubang adalah sampai robek jahitannya.  Robeknya lebar memang sehingga saya harus menjahitkannya kepada penjahit tas.  Untuk diketahui saja bahwa baru 2 hari tas itu dipakai lagi, karena sebelumnya retsletingnya rusak, sehingga harus saya genti dengan yang lebih baik.  Penjahit tasnya pun orang yang sama, dia juga terheran heran, pikirnya baru dua hari diperbaiki kok sudah rusak lagi.
Terlepas dari itu semua adalah tingkah laku anak anak sekarang ini kadang memang aneh.  Ada yang sukanya memukuli temannya, ada yang suka berteriak teriak di kelas seolah tanpa bisa dikendalikan.  Saya juga berpikir Sekolah Budya Wacana tempat dimana Kevin bersekolah di Jogja ini atau bahkan sekolah dasar pada umumnya baik itu negeri maupun swasta, apakah mereka bisa menerima anak anak dengan kebutuhan khusus?  Semisal seorang anak katakanlah HIPERAKTIF yang sudah dinyatakan melalui diagnosa medis, lalu disekolahkan ke Sekolah Umum.  Nah lalu bagaimana sikap sekolah yang menerimanya ? Apakah mau menerimanya atau menolaknya, karena memang sekolah untuk anak anak semacam itu kan ada sendiri.  Sedangkan anak HIPERAKTIF, mungkin saja tidak terlayani kebutuhannya secara baik jika disekolahkan disekolah umum.  Lagipula teman temannya yang tidak hiperaktif apakah bisa menerima dia.  Hiperaktif sendiri adalah sebuah penyakit yang harus diterapi, jika tidak mungkin berakibat pada masa depan anak itu sendiri.
Yah ini hanya sekedar sharing dari saya sebagai seorang tua dari seorang anak.  Tanpa bermaksud menghakimi, mungkin ada yang memberi komentar silakan saja.  Saya senang mendengarnya, terima kasih

Tinggalkan Balasan

