Tips membeli gas LPG


Berikut adalah beberapa tips membeli gas LPG:

  • Belilah gas di tempat tempat yang memang resmi menjual gas. Misalnya supermarket ternama, agen penjualan gas. Misalnya : Indomart, Alfamart, Penyalur semacam Sido Rahayu ( Jogja )
  • Perhatikan baik baik segel apakah masih utuh. Saya mengatakan bahwa segel juga tidak menjamin bahwa isi gas akan standar. Sebab segel itu macam macam, ada segel Pertamina dan ada juga segel distributor.
  • Timbanglah gas jika memang Anda curiga terhadap penampilan fisiknya.
  • Jika memungkinkan pilihlah kaleng yang masih relatif baik, belum banyak berkarat. Meskipun saya tahu itu susah, pilihlah yang terbaik dari yang buruk. Kebanyakan kaleng gas yang 14 kilogram penampilannya sudah buruk.
  • Jika ada penjual gas memakai mobil kelilingan, perhatikan benar benar isinya. Selain menimbangnya maka perlu diamati berapa hari gas tersebut akan habis dengan mempertimbangkan banyaknya pemakaian. Seorang teman saya punya pengalaman buruk dengan penjual kelilingan, dia ditipu ternyata gasnya hanya berisi barangkali seperempatnya saja. Hal itu diketahuinya setelah seorang kakak korban meminjam sekaleng gas yang masih bersegel dan ternyata hanya bertahan beberapa hari. Kemudian seluruh gas di cek ternyata rata rata isinya sudah berkurang banyak. Saya takmengatakan semua gas yang dijual kelilingan adalah curang. Tentu ini adalah perbuatan oknum.
  • Bauilah secara fisik dekat permukaan spuyer gas. Apakah ada kebocoran atau tidak? Saya pernah membeli gas dari sebuah supermarket lalu saya masukan ke mobil tertutup. Kebetulan saya mampir menjemput anak saya sekolah. Alhasil setelah 10 menit didalam mobil tertutup ternyata mobil saya jadi bau gas. Nah ini ternyata gas nya bocor, untung tidak terjadi hal hal yang berbahaya. Segera tukarkan jika gas bocor.

Sedikit tips diatas mudah mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

