Kompor gas tak mau menyala


Apakah anda pernah mengalami bahwa kompor gas anda tak bisa menyala meskipun gas dalam  kondisi full?  Pagi tadi saya baru saja mengganti tabung gas karena gas sudah habis. Namun ketika saya menyalakan kedua tungku kompor gas saya, mendadak kompor tersebut justru mati semua. Jadi kompor hanya bisa menyala dengan satu tungku, bisa dibayangkan betapa repotnya jika hal tersebut terjadi dipagi hari ketika orang sedang sibuk sibuknya mempersiapkan sarapan ,memasak air dan lain lain.  Kemudian saya mmanggil tukang servis kompor, ternyata regulator gas lah yang menjadi biang kerok.  Jadi regulator tidak mampu menyuplai atau mendistribusikan gas dengan baik ke kompor.  Jadilah si regulator diganti dengan yang baru. Sehingga lancarlah semuanya dan kompor menyala lagi.  Sekedar sharing saja siapa tahu ada yang mengalami hal yang sama.

UPDATE

Saya baru saja mengalami hal aneh, yaitu gas mengalami bocor saat menjelang habis. Jadi ceritanya pada jarum penunjuk sudah mendekati habis, tetapi justru terjadi kebocoran di regulator. Selidik punya selidik hal ini bisa terjadi karena per pada spuyer gas sudah tidak mempunyai daya pegas yg baik. Jadi ketika tekanan gas menurun maka per/pegas tersebut tidak mengunci. Jadilah gas bocor kemana mana. Pembaca perlu waspada hal ini bisa terjadi pada kita bersama. Karena pada saat gas di tangki itu penuh, maka tekanan dari dalam membantu regulator terkunci dengan baik sehingga tidak bocor. Namun ketika tekanan lemah ( jadi masih ada gas nya tapi tinggal sedikit ) justru merembes. Saya amati kualitas tangki gas di Yogyakarta sangat buruk, sudah berkarat, spuyer macet, tanpa karet tetapi masih beredar. Padahal tangki gas tersebut ada masa berlakunya. Semoga update saya menjadi perhatian pembaca semua

BACA JUGA POSTINGAN SAYA MENGENAI KOMPOR GAS YANG MACET DISINI

 

About these ads

11 thoughts on “Kompor gas tak mau menyala

  1. makasih ya mas, di rumah juga kompor susah nyala, sebenarnya nyala tapi apinya kecil bangeet… kenapa tu ya mas?

    ** hahah ya ndak tahu mbak, coba ke servis kompor wkwkwkwk

  2. Sy baru 3 th ιиι pake kompor gas, tp Uϑªh 5 kali ganti regulator. Terakhir udah 2 bln ιиι sy pake regulator produk Pertamina Ɣªήğ dijual sama org Pertaminanya langsung door to door, harganya 200 ribuan lebih.
    Skrg kompor gas saya jg ƪάƍΐ rusak, tungku ♈ƍ sebelah kiri nggak nyala apinya, pdhal pemantiknya nyala. Cuma sy pikir bkn dr regulator masalahnya, mungkin ada kotoran ∂ï saluran gas Ɣªήğ menghambat keluarnya aliran gas, krn emang sy males bersihin kompor. Ntar hr Minggu deh pas libur sy mau bersihin kompor saya n nyari tau apa biang kerok ♈ƍ bikin kompor sy nggak mau nyala..
    Jika tersedia cukup waktu memang sangat menarik dan memuaskan membersihkan kompor gas sendiri, siapkan sikat gigi, sabun colek, amplas halus. Bisa jadi saluran yang ke tungku tersumbat oleh material2 masakan yang tumpah dan masuk ke tungku. Terutama makanan yang mengandung gula bisa menggumpal, makanan yg mengandung garam membuat korosif (berkarat). Selamat bersih bersih, makasih sudah mampir disini

  3. Sy jg bgung ni, kompr gas sy gk mau nyla, dah 4 hr msk pke kmpr minyk? Tbg gs full, regulator baik, salran pipa yg dtgku jg brsh, btrai nyala. Tp api gk mau nyambr. Itu brarti pa ya? Tlg dong mas or mbk bntu sy…

    Apakah sudah coba dengan tabung gas yg lain? sebab klep pada tabung suka macet juga. Dorong sampe gas keluar “bussssss” tunggu sebentar, lalu coba hubungkan kembali dengan regulator.

  4. Siti alfiah :
    Apakah sudah coba dengan tabung gas yg lain? sebab klep pada tabung suka macet juga. Dorong sampe gas keluar “bussssss” tunggu sebentar, lalu coba hubungkan kembali dengan regulator.
    makasih sarannya mas,, kompor ku jadi bisa hidup lagi :-).

    *** Syukurlah kalau bermanfaat buat Ibu, pesan saya hati-hati yaaaa…

  5. thx ya sudah sharing. Sy pun hari ini mendapatkan masalah seperti kasus pertama.
    Kompor hny berfungsi satu.
    Btw, thx

    Terima kasih kembali, semoga cepet baik kompornya…

  6. Iya, saya juga pernah mengalami hal itu mas bro,. Untung istri menyadari kalau gas-nya bocor dan bau gas,.akhirnya saya lepas slang-nya dan saya taruh di luar rumah.trus saya beli yang baru.

  7. Sy juga mengalami kasus yg sama yaitu : sy beli kompor gas merk Modena dgn 3 tungku slang gas + regulator sy beli merk quantum yg double lock ternyata pas sy nyalain cuman 2 tungku yg bs nyala tp begitu tungku ke-3 mati semua. Akhirnya sy ganti Slang Gas dgn merk Bridgestone type Pascalarth made in japan & Regulator sy ganti pakai merk Kosangas made in Denmark. Akhirnya semua nyala sempurna….. DC habis : slang : 60 rb/meter x 3 = Rp180 rb & Regulator 150 rb

    Terima kasih atas blog-nya mas Har ….

  8. sama dg yg dialami kompor saya dirumah diawali macet saat penggantian tabung 3-4hr baru nyala.padahal regulator baik tdk bocor.
    sy fikir kompornya yg perlu diganti setelah diganti masih mati jg kalo habis penggantian tabung.ini benar2 membuat kesal stp pagi..
    mgkin benar harus diganti selangnya krn bermasalah..trmksh :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s